Bahasa Pemrograman Java

            Java merupakan sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dibuat dan diperkenalkan pertama kali oleh sebuah tim Sun Microsystem yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling pada tahun 1991 dengan code name Oak. Pada tahun 1995 Sun mengubah nama Oak tersebut manjadi Java. Java dikenal sebagai bahasa pemrograman yang portabel karena dapat berjalan pada berbagai sistem operasi yang berbeda, baik pada Windows, Linux serta sistem operasi yang lainnya. Selain itu java juga menyediakan paket-paket pendukung berbagai jenis pembuatan aplikasi. Berbagai paket pendukung tersebut diantaranya :

  1. Java 2 Micro Edition (J2ME), paket instalasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan software yang berjalan pada perangkat yang memiliki memori dan sumber daya yang kecil, seperti pada Handphone, PDA dan Smartcard.
  2. Java 2 Standart Edition (J2SE), paket instalasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan pada lingkungan workstation, seperti aplikasi dekstop.
  3. Java 2 Enterprise Edition (J2EE), paket instalasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada lingkungan internet maupun aplikasi skala enterprise.

–    Kelebihan, Karakteristik dan Kekurangan Java

            Sintaks bahasa yang digunakan dalam Java merupakan pengembangan dari bahasa C/C++. Hal ini dilakukan karena bahasa C/C++ merupakan bahasa pemrograman yang telah dikenal oleh banyak pemrogram sehingga mempelajari Java seharusnya bukan merupakan sesuatu yang sulit. Selain itu, bahasa C/C++ juga telah dikenal sebagai bahasa yang handal, bahkan dapat dikatakan era pemrograman modern dimulai oleh bahasa C yang kemudian diteruskan oleh C++ dengan paradigma pemrograman berorientasi objeknya yang terkenal. Segala kelebihan bahasa C/C++ inilah yang dikembangkan lebih lanjut di dalam bahasa Java.

            Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari bahasa Java dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya:

  1. Bersifat portable dan platform independent. Program Java yang ditulis akan dapat dieksekusi di platform manapun tanpa memerlukan kompilasi ulang (portable) asalkan Java Virtual Machine untuk platform tersebut tersedia.
  2. Memiliki garbage collection yang dapat mendealokasi memori secara otomatis. Tidak perlu secara eksplisit membebaskan suatu lokasi memori yang dipakai karena ini akan dilakukan secara otomatis oleh Java.
  3. Menghilangkan pewarisan berganda yang terdapat pada C++. Walaupun kelihatannya lebih sebagai suatu kekurangan, namun banyak para ahli yang mengakui bahasa konsep pewarisan berganda lebih banyak mengakibatkan kerugian daripada keuntungan. Java telah didesain sedemikian rupa sehingga teknik ini tidak akan diperlukan dalam pembuatan program apapun.
  4. Mengurangi pointer aritmatik. Pengaksesan lokasi memori secara langsung dengan menggunakan pointer memungkinkan program untuk melakukan suatu tindakan yang tidak seharusnya atau tidak boleh dilakukan, untuk mengurangi dan menghilangkan kemungkinan kesalahan seperti ini, penggunaan pointer pada Java telah dibatasi dengan menggunakan reference.
  5. Mengurangi kerancuan antara pemberian nilai pada conditional statement. Contohnya, pada penggunaan tanda ’=’ dengan ‘==’ pada kondisi If.

Dan berikut ini beberapa kekurangan yang terdapat pada bahasa Java, diantaranya adalah :

  1. Tulis sekali, perbaiki di mana saja. Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lainnya. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
  2. Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Hal ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti beberapa nama kelas, metode dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.

Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya, seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, yaitu Delphi dan Object Pascal). Biasanya hal ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s