MY PI

Semester ini saya berkesempatan untuk menulis penulisan ilmiah. penulisan ilmiah ini merupakan matakuliah wajib yang ada di universitas gunadarma. matakuliah ini memiliki bobot dua sks. untuk mahasiswa jurusan sistem informasi, biasanya dalam penulisan ilmiah ini mahasiswa diminta untuk membuat suatu produk berupa sistem informasi suatu instansi/perusahan atau membuat suatu aplikasi yang dapat dijalankan di suatu platform seperti desktop atau aplikasi berbasis mobile.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi tentunya berbagai informasi dapat diakses dengan sangat mudah oleh seluruh lapisan masyarakat dengan tidak terbatas jarak dan waktu. Terlebih di era  ini, sebagaian besar penduduk memiliki gadget atau sebuah smartphone yang dilengkapi fasilitas internet juga beragam aplikasi yang mempermudah setiap aktifitas yang dilakukan. Termasuk aktifitas belajar untuk menambah ilmu dan wawasan kini dapat diakses dengan mudah dengan atau tidak menggunakan internet, yaitu dengan aplikasi yang ada didalam gadget.

 

Dengan kecanggihan teknologi tersebut, seharusnya dapat memudakan seseorang untuk dapat mengaksese informasi secara mudah. Tetapi sayangnya masih banyak bahan bacaan dengan format buku yang tebal yang terkesan kaku dan membosankan karena dipenuhi dengan banyak teks dan gambar yang kurang menarik karena didesain secara formal. Selain itu biasanya seseorang yang ingin memperoleh ilmu pengetahuan atau wawasan harus melakukan interaksi dengan seseorang yang dianggap tahu tetapi terkadang terkendala dengan jarak dan waktu untuk berinteraksi sehingga menghambat untuk mendapatkan ilmu atau wawasan tersebut. Begitu pula dengan cara lainnya yaitu browsing di internet, walaupun nampaknya hal ini dapat dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan mencari sumber langsung kepada seseorang, tetapi terkadang terkendala pula dengan lamanya waktu untuk merangkum materi dari berbagai sumber dan mengumpulkannya untuk kemudian diambil suatu kesimpulan.

 

Oleh karena itu, dengan suatu aplikasi pembelajaran yang disediakan pada komputer atau smartphone tentunya akan memudahkan seseorang untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasannya hanya dengan membuka suatu aplikasi yang berisi materi pembelajaran yang berupa teks, gambar, bahkan video untuk memudahkan proses belajar.

 

Aplikasi yang  dicarancang ini menggunakan platform android yang kini mudah diakses oleh pengguna smartphone berbasis android yang banyak digunakan dimasyarakat. Aplikasi ini berisi tentang materi pembelajaran dalam bidang kesehatan khususnya Fisioterapi yaitu memberikan gambaran secara visual  mengenai anatomi pada tubuh manusia dan beberapa cedera yang kemungkinan terjadi pada bagian tubuh manusia.

 

 

Dengan adanya ketentuan – ketentuan yang berlaku untuk penulisan ilmiah, mahasiswa boleh berkreasi membuat inovasi atau sesuatu yang bermanfaat yang dapat memperbarui sistem lama menjadi lebih baik lagi. Dengan beragam pilihan yang ada, saya memilih untuk membuat suatu aplikasi berbasis mobile atau dapat dikatan bahwa aplikasi ini dapat dijalankan diplatform androin baik itu smartphone atau komputer tablet. Aplikasi ini adalah aplikasi pembelajaran dibidang fisioterapi yang membahas mengenai anatomi tubuh manusia serta kemungkinan cedera yang terjadi pada bagian tubuh tersebut. Tentunya dalam aplikasi ini dimunculkan sutu materi berbentuk teks, gambar, dan video yang berkaitan dengan judul materi yang disampaikan. Didalam aplikasi ini dibahas mengenai bagian tubuh lutut yang menjelaskan bagian bagian (anatomi)lutut dengan gambar dan penjelasannya berupa teks. kemudaian dibagian lutut dijelaskan pula kemungkinan penyakit/cedera yang terjadi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s