menjadi manusia berkarakter

Menjadi pribadi yang menyenangkan itu memang rumit karena penilaian yang didapatkan pasti berbeda dari setiap orang. Dan sesuatu yang dianggap menyenangkan, nyaman, dan mengasyikan pun begitu relatif dan setiap orang tidak sama menilainya.

Tapi setidaknya kepribadian seseorang itu harus memiliki standar normal yang setiap tingkah laku, ucapan, gestur, dan tindakan/keputusan yang dilakukan itu sesuai dengan norma,  aturan agama dan negara, atau bahkan aturan yang tidak tertulis disebuah lingkungan tertentu. Ya, seperti kita semua orang Indonesia, orang timur yang punya adat, tata krama, sopan santun dan aturan lainnya yang tidak tertulis sebagai  kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari – sehari. Tapi memang tidak dapt dipungkiri pula kadang lingkungan yang buruk mengajarkan dan membiasakan seseorang untuk berperilaku buruk pula. Tapi semakin bertambahnya usia dan berkembangnya pikiran. Seharusnya manusia dapat berpikir dan memilih jalan hidupnya ini akan dibawa kemana dan seperti apa. Apakan tetap buruk atau tidak tentunya jika dia dapat berpikir normal dan bijak maka dia akan berubahmeninggalkan keburukannya dan bertransformasi menjadi pribadi yang lebih baik.

Gambar

Mungkin ini hubungannya dengan intelektual, ya kita sebagai generasi muda harus mau membuka mata, telinga, pikiran, dan yang pasti adalah hati nurani bisa memilih mana yang pantas dan tak pantas, juga mana yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan. Dari mana semua itu dapat kita ketahui? Ya belajar, belajar untuk membuka diri, belajar untuk beradaptasi, belajar untuk membuka pikiran dan meu menerima kritik dari orang lain dan yang palik penting adalah belajar untuk respect terhadap orang lain dan belajar untuk bisa merasakan dan membayangkan bagaimana menjadi orang lain ketika kita melakukan sesuatu yang tidak pantas, maka tentunnya ada perasaan tidak enak atau tidak nyaman bukan? Nah, pedulilah terhadap sesama. Toh, semua hanya untuk perbaikan diri menjadi lebih baik.

Tentunya jika telah berani mengambil suatu keputusan dan berani melakukan hal yang benar dan berkemanusiaan, selanjutnya untuk menjadi manusia yang berkarakter adalah melakukan segala sesuatunya ya apa adanya dengan kesederhanaan dan kejujuran. Berani jujur artinya berani melakukan hal yang benar. Maka segala sesuatunya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan mudah, maka bertanggung jawablah atas segala tindakan yang dilakukan.

Disiplin juga salah satu bentuk atau ciri dari pribadi yang berkarakter, karena dengan berdisiplin, artinya seseorang melakukan hal yang mengarah pada kesuksesan dan kemajuan, karena dengan disiplin hidup seseorang akan berjalan teratur dan tertata dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s