sadari dan syukuri

terkadang aku merasa ingin kembali ke masa lampau. masa ketika aku benar benar belum memahami netapa kerasnya perjuangan untuk dapat hidup bahagia. bahagia adalah ketika kita bisa meraih seseuatu yang kita inginkan, itu adalah salah satu definisi kebahagiaan bagi saya. masih banyak lagi intrepretasi mengenai kebahagiaan.

kebahagiaan rasanya begitu kental menyelimuti aku ketika aku kecil, alhamdulillah begitu aku sangat merasa beruntung berada dalam lingkungan keluarga yang menyenangkan. penuh perhatian, kepedulian satu sama lain, dan keceriaan didalamnya.

bukan artinya kini, ketika aku telah beranjak dewasa aku tak lagi merasakan hal itu. aku tetap bersama mereka. hanya saja tak sepenuhnya ku dilayani oleh meraka. aku kini harus bertahan hidup, memperjuangkan hidup, dan mendapatkan kebahagiaan hidup dengan usahaku sendiri.

rasanya ketika kita masih kecil semua isi didalam hari – hari hanya tawa dan canda, semua begitu menyenangkan dan tak ada beban yang agak mengganggu kenyamanan dalam hidup ini. walaupun dalam hidup sebenarnya hal ini begitu lumrah terjadi.

ya itulah hidup, hidup terus berjalan dan berkembang. jalan hidup pun berliku, tak ada yang terus menerus bahagia dan tak ada pula yang terus menerus menderita. mungkin ketika masih kanak – kanak, tak ada pemikiran bagaimana saya harus hidup. semua berjalan begitu apa adanya, tidur nyenyak tanpa beban macam – macam, bangun tidur seuka hati di waktu yang tak ditentukan, bebas bermain kapan saja dan bebas melakukan apa saja semaumu, lap[ar hanya tinggal katakan bahwa aku ingin makan, bosan, tinggal mencari kesenangan atau menangis sebentar, pasti langsung hilang rasa bosannya karena banyak yang menghibur kita dan berusaha aku berada dalam suasana yang menyenangkan. begitu membahagiakan bukan??

begitu kuat rasa keinginan ini untuk dapat kembali merasakan hal – hal tersebut. tapi hal ini merupakan sesuatu yang sangatlah mustahil, hidup harus terus berjalan dan tidak boleh statis, hidup harus terus berubah kearah yang lebih baik dan kita sebagai pemeran utama dalam kehidupan kita sendiri harus terus dapat meningkatkan kualitas diri dengan penyelesaian penyelesaian bijak dalam setiap masalah. agar pencapaian kepuasaan dan kebahagiaan hidup dapat kita raih dengan baik.

memang terkadang tidak munafik pula bahwa banyak keinginan untuk tidak menerima tantangan krena pada dasarnya manusia hanya ingin merasakan enaknya saja dan malas menyelesaiakan masalah rumit. tapi inilah suatu tantangan yang besar dan kita harus menyelesaikan masalah ini lawan rasa malas itu yang kuatkan keyakinan bahwa kita bisa.

baiknya, janganlah iri dengan masa yang sedang dilalui orang lain karena kita pernah atau mungkin akan mengalami pula masa itu. maka percayalah bahwa Tuhan begitu baik telah memberikan jalan yang beik pula pada kita walaupun berbeda.

semangatlah untuk hidup. jangan menyia – nyiakan kesempatan yang telah Tuhan berikan untuk kita. sudah semestinya kita sadar dan segera bersyukur agar bisa baik dalam menjalani hidup ini.

2 thoughts on “sadari dan syukuri

Leave a Reply

