Manusia dan kebudayaan

Kebudayaan adalah suatu kebiasaan yang dilakukan manusia berdasarkan aturan atau kebiasaan yang dilakukan secara turun menurun dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Banyak kebudayaan yang melekat pada diri manusia. Kebudayaan negaranya, kebudayaan daerahnya, bahkan orang tuanya, atau mungkin seseorang menciptakan suatu kebudayaan pada dirinya sendiri untuk mempengaruhi suatu komunitas sehingga menjadi suatu cirri khas bagi suatu komunitas tersebut.

Beragam kebudayaan yang manusia lakukan dunia menjadi wana – warni kehidupan yang berlangsung didunia. Beragam perbedaan tentunya tidak menjadikan manusia saling bermusuhan, melainkan saling melengkapi satu sama lainnya. Saling mempelajari, saling menghormati, mengasihi, dan saling berbagi.

Kebudayaan begitu erat kaitannya dengan adat istiadat atau suatu aturan untuk menjalani hidup dengan cara – cara yang diatur berdasarkan aturan nenek moyang terdahulu. Aturan ini biasanya tidak dalam bentuk tertulis, melainkan secara lisan.

Walaupun kini masa telah berbeda, sudah memasuki jaman globalisasi yang semuanya serba modern dan mudah melakukan sesuatu dengan alat – alat canggih juga gaya hidup yang serba glamour. Tapi bagi sebagian daerah, suatu adat istiadat masih dijaga dengan baik, masih dilakukan dengan serius bukan hanya sekedar formalitas saja. Karena bagi mereka adat adalah warisan leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan sebaik – baiknya. Hal ini didukung pula oleh Negara yang menjadikan adat istiadat atau beragam budaya yang berbeda setiap daerah sebagai aset atau salah satu harta kekayaan yang dimiliki bangsa. Misalnya, mari kita lihat contoh kebudayaan bangsa Indonesia.  yaitu di daerah Jawa. Pada budaya Jawa, banyak suatu aturan – aturan yang hingga kini masih dilakukan misalnya penggunaan pakaian khusus pada acara – acara tertentu, masih adanya pelaksanaan upacara adat atau ritual tertentu, dan masih dilakukannya pola tingkah laku kuno seperti sungkeman, jalan merungkuk apabila melewati orang yang lebih tua, dan lain sebagainya.

Belum lagi adat Bali yang lebih rumit dan beraneka ragam, dimulai dari ragamnya uapacara perkawinan sampai upacara kematian yang melibatkan orang orang tinggal di daerah setempat, kemudian banyaknya upacara – upacara adat yang begitu beragai dalam berbagai jenis aktifitas, seperti galungan, hari raya dan lainnya, kemudian upacara untuk keselamatan, kikir gigi, ciuman masal dan lain sebagainya.

Lain halnya dengan suku Batak, Dayak, Papua, Aceh, Minang, dan banyak lagi khususnya di Indonesia saja. Keanekaragaman budaya dan adat ini tentunya belum terhitung lain Negara di dubia. Baru di Indonesia saja. Begitu kaya manusia akan budaya. Begitu kompleks manusia dengan segala aturan yang mengikat dalam dirinya, tentang kepercayaan dan formalitas adat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s