kemampuan atau kemauan

Sifat setiap manusia sudah jelas pasti tidak akan pernah ada yang sama 100%, ya berbagai macam jenis berbagai karakter manusia pasti berbeda. Menilai diri sendiri mungkin hal yang paling mudah. Ya, sepertiku yang gemar bercerita, gemar menganalisa, tapi tak gemar menulis. Entah mengapa apa yang aku inginkan kadang begitu bertolak belakang dengan apa dapat aku kerjakan. Misalnya, begitu kuat keinginanku untuk mengungkapkan sesuatu, menguraikan sesuatu atau menceritakan sesuatu dalam bentuk tulisan. Rasanya seperti ada penolakan dalam diri ini dan menahan untuk tidak melakukan apa yang aku inginkan. Apakah ini salah? Apakah ini yang dinamakan sifat malas? Atau satu pemikiran yang sebenarnya tidak dapat berkembang lebih jauh dari apa yang diperkirakan? Aku tidak tahu apa jawaban yang tepat dari apa yang aku rasakan. karena, menurutku suatu keinginan yang besar biasanya bisa mengalahkan apapun bentuk penolakan yang muncul dari dalam diri ini.entah itu malas, ketidakmampuan, tidak adanya rasa percaya diri. Semestinya hal tersebut bias menepis penolakan – penolakan tersebut. Terkadang aku merasa tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang apa, mengapa, dan bagaimana manusia itu tentang dirinya sendiri. Bagaimana suatu system yang bekerja didalam dirinya membentuk suatu kesimpulan keputusan yang berbuah suatu tindakan.

Mungkin saja apa yang manusia miliki, tentang kemampuannya melakukan sesuatu sudah dibatasi Tuhan atau hanya pembenaran diri belaka mengenai semua yang seseorang putuskan?  Mungkin misalnya jika seseorang memiliki sesuatu keinginan yang begitu kuat dan hal tersebut menjadi suatu motivasi bagi seseorang untuk akhirnya menghasilkan suatu usaha yang maksimal agar keinginannya tadi tercapai tapi ternyata tidak ada hasil yang memuaskan. Itu adalah hal yang baik, karena pada hakekatnya manusia tugasnya memang berdoa dan berusaha sekuat tnaganya untuk mencapai apa yang menjadi keinginannya, tentunya suatu keinginan yang positif.

Tapi apa bedanya dengan orang yang merasa apa yang menjadi usahanya itu tidak sesuai dengan apa yang seseorang inginkan. Misalnya, seseorang ingin mengungkapkan sesuatu atau mengapresiasikan dirinya melalui suatu bacaan atau tulisan tapi baginya merupakan hal begitu sulit. Begitu banyak suatu ide – ide dan inspirasi yang ada didalam benak seseorang tersebut. Tapi, tidak terekspresikan karena merasa tidak memiliki bakat salam hal menulis, tidak bisa terurai dalam bentuk tulisan.  Kadang menghambat seseorang untuk bias mencapai apa yang dia inginkan atau menghambat suatu keberhasilan seseorang. Karena biasanya, apabila hal yang dia inginkan terealisasikan maka seseorang akan merasa dirinya berhasil.

Sebenarnya bukan hanya sekedar bakat tapi jika ada kemauan atau keinginan dalam dirimu pasti ada suatu jalan yang memudahkan kita untuk mencapai sesuatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s