Twitter SBY : Dampak Negatif dan Positif

Di jaman yang semakin deras arus nformasi mengalir tentunya membuat masyarakat semakin mudah pula berkomunikasi tanpa ada halangan jarak, waktu, tempat. Sudah sangat banyak sekali media sosial yang tercipta yaitu seperti facebook, twitter, dan applikasi – aplikasi chatting yang dapat dengan mudahnya diakses di personal computer, komputer tablet atau smartphone. Tentunya siapapun dapat dengan mudah mengakses barbagai manfaat kecanggihan teknologi ini selama perangkat untuk mengakses berbagai aplikasi ini mendukung.

Yang menarik adalah tidak hanya masyarakat sosialita, remaja, atau bahkan ibu rumah tangga yang kini disibukan pula dengan media sosial yang memiliki segudang manfaat dan dampak yang dihasilkan. Kepala negara Republik Indonesiapun tidak mau kalah dengan mendaftarkan dirinya ke salah satu media sosial yang memang saat ini sedang booming dikalangan remaja dan sosialita, yaitu twitter.

Mungkin maksud dari dibukanya akun resmi dari bapak presiden ini adalah untuk memudahkan komunikasi langsung dengan rakyatnya ya, tetapi sayang sekali banyak pula komentar negatif yang dilontarkan masyarakat, bahkan tindakan yang pula tidak dapat dikatakan baik dengan diresmikannya akun twitter milik bapak presiden kita ini.

Dampak positif yang dapat dilihat adalah rakyat dapat menyalurkan segala aspirasi dengan langsung me-mention kepada presiden, tentunya ini dapat langsung dilihat oleh pemilik aku atau pengelola aku tersebut, selain itu sebaliknya pemilik aku yakni presiden tidak jarang men-twit (istilah untuk posting status pada twitter) hal – hal yang dikira perlu dan dapat langsung dibaca oleh followers dari akun ini seperti tanggapan – tanggapan presiden mengenai hal – hal yang sedang hangat dibicarakan, atau kasus – kasus yang memang sedang panas diberitakan di negara ini, atau bentuk ucapan selamat, dukungan, bahkan bela sungkawa untuk rakyatnya. Tentunya semua hal ini menjadikan presiden lebih dekat dengan rakyat.

Tetapi dibalik itu semua, tidak sedikit pula haters atau yang kita kenal sebagai golngan orang yang tidak menyukai keberadaan akun ini. Ya, haters memang tidak memandang siapa yang tidak ia suka bahkan presiden sekalipun. Bentuk tindakan haters ini tentunya beragam. Dari mulai mengejek, menyindir, bahkan menghina dengan me-mebtion langsung pemilik akun. Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh didunia maya. Ya inilah dahsyatnya media sosial yang begitu  memberi kebebasan untuk berapresiasi dan nama setiap akun tidak dapat dengan mudah untuk diketahui identitas asli pemilik akun. Inilah yang disayangkan, yaitu dampak negatif yang muncul dibalik segala hal positif yang ada. Dengan kebebasan berekspresi tersebut tentunya membuat rasa hormat kepada petinggi negara jelas terlihat kurang dimiliki oleh sebagian rakyat. Dibuktikan dengan banyaknya guyonan bahkan akun parodi yang sengaja dibuat untuk meledek dan tentunya untuk kemudian ditertawakan bagi pengguna akun ini. Tidak jarang bagi mereka yang menyalahgunakan kecanggihan teknologi sebagai ajang untuk menjatuhkan satu sama lain.

Tapi yang diharapkan semoga rakyat Indonesia masih banyak yang memiliki sopan santun dan attitude yang baik. Baik itu didunia nyata maupun dunia maya. Terutama sikap yang ditunjukan kepada mereka yang memiliki kehormatan untuk mengelola negara sebagai pemerintah dan petinggi negara. Karena Indonesia merupakan orang timur yang memiliki aturan dan norma yang baik. apapun yang dilakukan Presiden akan menjadi positif jika kita sebagai rakyatnya dapat menyikapi setiap maslah dengan baik. jika tidak senang maka, sampaikanlah dengan pantas. Karena kecanggihan teknologi dibuat untuk kebaikan manusia bukan untuk perpecahan diantara manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s