Perdagangan Bebas

Posted: April 17, 2012 in TUGAS : matkul TEORI ORGANISASI UMUM

Perdagangan Bebas

 

                               Nama               :        R. Pebriandini Widjaja

                                N P M              :        15110479

                                Kelas                :        2KA04

                                Mata Kuliah    :        Teori Organisasi Umum 2

UNIIVERSITAS GUNADARMA

2012


 

PERDAGANGAN BEBAS

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang

Perdagangan Bebas adalah proses kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda. Dengan tidak adanya hambatan yang diterapkan pemerintah dalam melaksanakan perdagangan, tentunya ada kebebasan aturan, cara, dan jenis barang yang dijual. Maka, munculah persaingan dagang yang ketat baik antar individu ataupun perusahaan yang berada di Negara yang berbeda yaitu yang kita kenal dengan istilah ekspor dan impor atau proses penjualan dan pembelian yang dilakukan antar Negara.

Indonesia adalah salah satu Negara yang melakukan kegiatan perdagangan bebas. Tentunya dalam melaksanakan kegiatan ini terdapat dampak – dampak yang mempengaruhi perekonomian Negara. Bukan hanya dampak positif bagi komsumen yang bisa mendapatkan barang – barang berkualitas internasional dengan mudah, tapi tentunya tidak sedikit pula dampak buruk bagi pelaku usaha di Indonesia yang harus mengalami persaingan yang sangat ketat dengan tanpa dukungan kualitas penjualan yang terkadang jauh dengan pesaing asing.

Identifikasi Masalah

Berikut Identifikasi Masalah mengenai “Perdagangan Bebas”, yaitu sebagai berikut:

  • Faktor – faktor yang menyebabkan munculnya aktifitas perdagangan bebas ?
  • Ciri – Ciri Perdagangan Bebas ?
  • Bagaimana Sejarah Perdagangan bebas ?
  • Dampak dari kegiatan bebas dari suatu Negara ?
  • Hambatan Perdagangan Bebas ?
  • Contoh kegiatan perdagangan bebas ?

Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengetahui definisi/pengertian dari perdagangan bebas
  • Untuk mengetahui apa saja yang menjadi ciri dari perdagangan bebas
  • Sejarah perdagangan bebas
  • Untuk memperbandingkan dampak yang ditimbulkan bagi suatu Negara dalam melakukan perdagangan bebas, yaitu dampak baik maupun dampak buruk
  • mengetahui contoh – contoh kegiatan perdagangan bebas
  • peraturan pemerintah mengenai perdagangan bebas

Landasan Teori

  • Definisi Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas merupakan suatu kegiatan jual beli produk antar negara tanpa adanya kerumitan  aturan atau birokrasi yang mengatur perdagangan bebas itu didalam suatu Negara. Sehingga, suatu Negara, perusahaan, atau perorangan sekalipun dapat menjual produk yang diciptakannya di luar negeri. Begitu pula sebaliknya, Negara lainpun dapat menjual produknya didalam negeri sehingga komsumen dapat mendapatkan barang – barang kualitas internasional dengan mudah dan dengan harga yang relatif terjangkau.

  • Peraturan Pemerintah mengenai Perdagangan Bebas

Peraturan pemerintah mengenai perdagangan bebas diatur dalam peraturan menteri perdagangan republik indonesia nomor :  20/m-dag/per/7/2011 tentang perubahan kedua atas peraturan menteri perdagangan nomor 45/m-dag/per/9/2009 tentang angka pengenal importer (api)

Ciri – Ciri Perdagangan Bebas

  • Perdagangan barang tanpa pajak (termasuk tarif) atau pembatasan perdagangan yang lain (seperti kuota impor atau subsidi untuk produsen)
  • Perdagangan layanan tanpa pajak atau pembatasan perdagangan yang lain
  • Ketiadaan dasar-dasar “pemutar belit perdagangan” (seperti pajak, subsidi, peraturan atau hukum) yang memberikan kelebihan kepada sejumlah kecil perusahaan, isirumah, atau faktor-faktor produksi
  • Akses bebas ke pasar
  • Akses bebas kepada informasi pasar
  • Ketakupayaan firma-firma mengacaukan pasar melalui kekuatan monopoli atau oligopoli berian pemerintah
  • Pergerakan bebas tenaga kerja antara dan dalam negara
  • Pergerakan bebas modal antara dan dalam negara

 

BAB II

Pembahasan

Definisi Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas merupakan suatu kegiatan jual beli produk antar negara tanpa adanya kerumitan  aturan atau birokrasi yang mengatur perdagangan bebas itu didalam suatu Negara. Sehingga, suatu Negara, perusahaan, atau perorangan sekalipun dapat menjual produk yang diciptakannya di luar negeri. Begitu pula sebaliknya, Negara lainpun dapat menjual produknya didalam negeri sehingga komsumen dapat mendapatkan barang – barang kualitas internasional dengan mudah dan dengan harga yang relatif terjangkau.

Dengan tidak adanya hambatan aturan dalam melaksanakan kegiatan perdagangan bebas ini tentunya memacu suatu Negara untuk mengembangkan negaranya dalam menjual hasil produk unggulan yang menjadi ciri khas negaranya tersebut. Menurut para pakar dengan melakukan perdagangan bebas tentunya akan saling menguntungkan bagi

Tentunya setiap Negara memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing, ada Negara yang memiliki keunggulan dalam menciptakan alat – alat canggih seperti computer dan alat elektronik lainnya, tetapi minim dalam sumber daya alam. Ada pula Negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah tetapi memiliki keterbatasan dalam menciptakan alat – alat canggih seperti elektronik, maka dengan adanya perdagangan bebas tentunya akan menjadi keutungan bagi satu sama lain.

 

Sejarah Perdagangan Bebas

Sejarah dari perdagangan bebas internasional adalah sejarah perdagangan internasional memfokuskan dalam pengembangan dari pasar terbuka. Diketahui bahwa bermacam kebudayaan yang makmur sepanjang sejarah yang bertransaksi dalam perdagangan. Berdasarkan hal ini, secara teoritis rasionalisasi sebagai kebijakan dari perdagangan bebas akan menjadi menguntungkan ke negara berkembang sepanjang waktu. Teori ini berkembang dalam rasa moderennya dari kebudayaan komersil di Inggris, dan lebih luas lagi Eropa, sepanjang lima abad yang lalu. Sebelum kemunculan perdagangan bebas, dan keberlanjutan hal tersebut hari ini, kebijakan dari merkantilisme telah berkembang di Eropa di tahun 1500. Ekonom awal yang menolak merkantilisme adalah David Ricardo dan Adam Smith.

Ekonom yang menganjurkan perdagangan bebas percaya kalau itu merupakan alasan kenapa beberapa kebudayaan secara ekonomis makmur. Adam Smith, contohnya, menunjukkan kepada peningkatan perdagangan sebagai alasan berkembangnya kultur tidak hanya di Mediterania seperti Mesir, Yunani, dan Roma, tapi juga Bengal dan Tiongkok. Kemakmuran besar dari Belanda setelah menjatuhkan kekaisaran Spanyol, dan mendeklarasikan perdagangan bebas dan kebebasan berpikir, membuat pertentangan merkantilis/perdagangan bebas menjadi pertanyaan paling penting dalam ekonomi untuk beberapa abad. Kebijakan perdagangan bebas telah berjibaku dengan merkantilisme, proteksionisme, isolasionisme, komunisme dan kebijakan lainnya sepanjang abad.

Dampak  Perdagangan Bebas

  • Dampak Positif

Dengan adanya perdagangan bebas yang dilakukan oleh suatu Negara, tentunya Negara         tersebut dapat menikmati produk tidak hanya dari hasil produk buatan dalam negeri sendiri saja, tetapi juga dapat menkonsumsi produk buatan luar negeri dengan mudah karena dengan adanya perdagangan bebas barang impor dapat bebas masuk kedalam negeri. selain itu terjalin suatu hubungan internasional yang semakin terbuka antar Negara. Kemudian produk – produk dalam negeri dapat dengan memudah meraih popularitas di luar negeri. Dapat pula meningkatkan reputasi Negara ketika suatu Negara dapat berprestasi menciptakan produk yang bermanfaat dan diminati oleh konsumen internasional. Kemudian devisa kuat jika ekspor lebih besar daripada impor. Setiap individu bebas memiliki kekayaan dan sumber daya produksi. Setiap individu bebas memiliki kekayaan dan sumber daya produksi, inisiatif dan kreatifitas masyarakat dapat dikembangkan, terjadi persaingan antar produsen untuk menghasilkan barang yang bermutu, efisiensi dan efektifitas tinggi karena tindakannya selalu didasarkan pada prinsip ekonomi.

  • Dampak Negatif

Tentunya selain dampak positif, tidak sedikit juga dampak negative yang ditimbulkan akibat kegiatan perdagangan bebas. Yaitu selain menjadi orang yang konsumtif terhadap barang – bararang impor, banyak pula pengangguran, karena kalah bersaing produsen dari luar negeri, kemudian banyak pabrik yg bangkrut karena tidak kuat dengan persainan yang begitu ketat, selain itu larinya investor dikarenakan SDM dan ETOS KERJA dalam negeri lemah dan devisa yang habis karena lebih banyak produk impor daripada ekspor. Kemudian bagi Negara – Negara yang belum berkembang maka akan menjadi sebuah kerugian karena selalu mengandalkan Negara lain untuk terus mengimpor barang – barang kedalam negeri, yang kemudian membuat Negara yang lemah ini sulit berkembang karena terus “diserang” oleh barang – banrang impor. Juga sebaliknya, akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Negara yang telah berkembang untuk terus menjual produknya ini sehingga produknya lebih diminati dan lebih popular di luar negeri. Adanya eksploitasi terhadap masyarakat ekonomi lemah oleh pihak yang kuat ekonominya, menimbulkan terjadinya monopoli sehingga merugikan masyarakat, munculnya kesenjangan ekonomi antara golongan ekonomi kuat dengan golongan ekonomi lemah, perekonomian dapat dengan mudah menjadi tidak stabil.

Hambatan Perdagangan Bebas

Hambatan perdagangan adalah regulasi atau peraturan pemerintah yang membatasi perdagangan bebas.

Bentuk-bentuk hambatan perdangangan antara lain:

Ciri – Ciri Perdagangan Bebas

  • Perdagangan barang tanpa pajak (termasuk tarif) atau pembatasan perdagangan yang lain (seperti kuota impor atau subsidi untuk produsen), maksudnya adalah jual beli tersebut dilakukan tanpa dikenai pajak pada pemerintah.
  • Perdagangan layanan tanpa pajak atau pembatasan perdagangan yang lain, hal ini pun hamper sama dengan poin pertama, tidak adanya ketentuan pajak yang khusus yang dikenakan kepada produsen, juga tidak adanya pembatasan oleh perdagangan yang lain.
  • Ketiadaan dasar-dasar “pemutar belit perdagangan” (seperti pajak, subsidi, peraturan atau hukum) yang memberikan kelebihan kepada sejumlah kecil perusahaan, isirumah, atau faktor-faktor produksi
  • Akses bebas ke pasar, tidak adanya batasan atau kemudahan akses yang dapat langsung pada pasarnya, langsung pada konsumen dalam proses penjualannya.
  • Akses bebas kepada informasi pasar, konsumen dalam proses membeli produk dapat meraih informasi secara terbuka dan bebas.
  • Ketakupayaan firma-firma mengacaukan pasar melalui kekuatan monopoli atau oligopoli berian pemerintah
  • Pergerakan bebas tenaga kerja antara luar dan dalam negara
  • Pergerakan bebas modal antara luar dan dalam Negara

Contoh Kegiatan Perdagangan Bebas

1). perjanjian antara negara negara amerika utara North America Free Trade Area (NAFTA) yang kalau tidak salah beranggotakan amerika serikat kanada dan mexico (meskipun mexsiko itu adalah negara amerika tengah namun politiknya menjurus ke amerika )

2).perjanjian antara negara negara amerika tengah Central America Free Trade area (CAFTA) yang beranggotakan ex savador ,guatemala dll

3). perjanjian antar negara asean AFTA (ASEAN Free Trade Area) perjanjian antar anggota asean jadi antar anggota harus membebaskan biaya perdagangan antar sesama anggota

4). perjanjian antara asean dengan china (asean china free trade area) “kalau tidak salah namanya” yaitu dimana setiap produk yang di export ke china akan ada bebas bea masuk dan begitu juga sebaliknya ke neagara anggota asean

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Perdagangan Bebas adalah proses kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda. Dengan kebebasan beraktifitas dalam perdagangan internasional tentunya banyak dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negative yang ditimbulkan. Dampak positif yaitu diantaranya       Setiap individu bebas memiliki kekayaan dan sumber daya produksi. Setiap individu bebas memiliki kekayaan dan sumber daya produksi, inisiatif dan kreatifitas masyarakat dapat dikembangkan, terjadi persaingan antar produsen untuk menghasilkan barang yang bermutu, efisiensi dan efektifitas tinggi karena tindakannya selalu didasarkan pada prinsip ekonomi. Sedangkan dampak negative yaitu diantaranya Adanya eksploitasi terhadap masyarakat ekonomi lemah oleh pihak yang kuat ekonominya, menimbulkan terjadinya monopoli sehingga merugikan masyarakat, munculnya kesenjangan ekonomi antara golongan ekonomi kuat dengan golongan ekonomi lemah, perekonomian dapat dengan mudah menjadi tidak stabil.

Saran

Agar suatu Negara tidak mengalami keterpurukan dalam kegiatan pasar bebas ini tentunya perlu adanya strategi pasar yang baik salah satunya adalah memikirkan bagaimana agar konsumen dapat meminati produk dalam negeri sehingga produk dalam negeri dapat bersaing dan memiliki peminat dengan bangga terhadap produk asli buatan lokal. Salah satu caranya adalah menggerakan dan mendukung kegiatan industry dalam negeri dalam menghasilkan produk – produk yang berkualitas dan bersaing.

DAFTAR PUSTAKA :

*        http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2177390-ilmu-ekonomi-sistem-ekonomi-pasar/#ixzz1sJGlzQuW

*        http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100121043128AAb3yjf

*        http://ms.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_bebas

*        http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_bebas

*        http://www.anneahira.com/pengertian-perdagangan-bebas.htm

*        http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_bebas

*        http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110211012908AALvb9X

*        http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2177390-ilmu-ekonomi-sistem-ekonomi-pasar/

*        http://id.wikipedia.org/wiki/Hambatan_perdagangan

Comments
  1. duwi_hazard says:

    thanks infonya sangat berharga bwt saya
    suksses terus bro

  2. kiki_iezs says:

    thanx ya

  3. riki says:

    makasi infonya broo . mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s